Kamis, 10 September 2015

Tugas 5 APB

Nama Anggota :
Darmila 13311272
M. Gustori Pratama 13311031
M. Hegi Setiawan 13311133
Yolanda Afriska 13311624

1.      Metode Pengumpulan Data
Penulis melakukan analisis kebutuhan dengan pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah sebagai berikut:
i)Wawancara (Interview)
            Pada metode ini dilakukan tanya jawab lisan dan tulisan berupa pertanyaan kepada karyawan dengan permasalahan  yang dibahas, melakukan pertanyaan seputar sistem yang berjalan mengenai sistem pemesanan tiket pada PO Puspa Jaya. Wawancara yang dilakukan disampaikan beberapa pertanyaan diantaranya :

No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Bagaimana proses pemesanan tiket yang selama ini dilakukan?

Selama ini proses pemesanan tiket masih dilakukan dengan cara penumpang datang langsung ke loket tempat pemesanan tiket.
2.
Kendala apa yang dihadapi perusahaan dalam hal pemesanan tiket bus?
Terjadinya antrian dalam proses pemesanan tiket, lambatnya penyampaian informasi tentang kuota dan jadwal keberangkatan.
3
Berapa jumlah pemesanan tiket rata-rata yang dilakukan calon penumpang setiap harinya?
Hal ini disesuaikan dengan armada yang disediakan, pada PO Puspa Jaya menyediakan 6 armada bus setiap harinya.
4
Berapa jumlah maksimum tiket yang dapat dipemesan?
200 tiket, ini berdasarkan jumlah armada yang disediakan oleh perusahaan setiap harinya.
5
Bagaimana sistem pemesanan tiket yang diharapkan kedepan guna perbaikan?
Diharapkan lebih bisa meningkatkan pelayanan kepada konsumen/penumpang dengan menyediakan alternatif lain dalam hal pemesanan tiket seperti pemesanan tiket online.

ii)                 Pengamatan (Observation)
            Pengumpulan data dengan mengamati atau observation yaitu metode pengumpulan data dengan cara pengamatan dan pencatatan secara langsung.  Mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan sistem yang akan dibangun. Mengamati secara langsung seputar sistem yang berjalan mengenai sistem pemesanan tiket.
iii)               Dokumentasi (Documentation)
Dokumentasi merupakan metode pengumpulan data dengan cara membaca, mencatat, mengutip, dan mengumpulkan data-data secara teoritis dari buku-buku dan Internet sebagai landasan penyusunan penelitian. Peneliti meminjam buku di perpustakaan, mencari data dari internet juga dilakukan untuk  referensi  laporan ini, dimana teori tersebut diletakkan pada landasan teori.
iv)               Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka merupakan teknik pengumpulan data dengan mencari sumber pustaka baik buku pegangan maupun pedoman kerja di sekolah/kampus dengan cara membaca dan mempelajari literature-literature, mencari data melalui internet yang berkaitan dengan objek yang akan dibahas dengan tujuan mempermudah penulisan dengan pokok permasalahan.

2.             Langkah Penelitian
Pengembangan dilakukan mengikuti tahap pengembangan prototype yang meliputi 2 tahap yaitu:
1.        Pengumpulan kebutuhan
User dan pengembang bersama-sama mendefinisikan format seluruh perangkat lunak, pengembang mewawancarai pengguna untuk memperoleh suatu gagasan mengenai apa yang dibentuk suatu sistem.
 Berikut adalah kebutuhan user atau pengguna sistem penyampaian informasi dalam melakukan kegiatannya.
Kebutuhan User bagian pemesanan tiket :
a.       Kebutuhan alat hardware dan sofware
b.      Kebutuhan data
1.     Data Tiket
2.     Data Bus
c.       Kebutuhan Informasi
1.      Informasi kuota penumpang
2.   Informasi layanan
3.     Informasi jadwal
2.        Membangun prototyping
            Peneliti menggunakan Use-Case Diagram, Diagram Activity, Class Diagram, Sequence Diagram dalam Sistem Informasi Pemesanan tiket online pada PO Puspa Jaya.

a.              
Use Case
Gambar : Usecase Diagram Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemesana Tiket Online pada PO Puspa Jaya

b.             Use Case Deskripsi
Berikut adalah tabel usecase Description dapat dilihat pada tabel 4.2 Sebagai berikut:
Nama Use Case
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Online pada PO Puspa Jaya
Tipe Use Case

Pemesanan Tiket
ID Use Case
TBL-LPG001
Prioritas
Tinggi
Sumber
PO Puspa Jaya
Pelaku Bisnis Utama
PO Puspa Jaya
Pelaku Partisipan
1.    Admin
2.    Penumpang
Stakeholder yang berminat lain
-
Deskripsi
Use Case ini mendeskripsikan proses pemesanan tiket online. Demi untuk memuaskan pelayanan kepada pelanggan maka PO Puspa Jaya memberikan solusi atau jalan alternative dalam proses pemesanan tiket yaitu dengan cara online yang bisa di lakukan kapan saja tanpa ada batas waktu yang ditentukan.
Prakondisi
Individu
Sasaran
Use Case ini di awali saat admin memasukan password dan penumpang melakukan pemesanan tiket.
Bidang khas suatu event
Kegiatan Pelaku
Respons Sistem















Langkah 1: admin login dengan memasukan password.
Langkah 3 : admin input data informasi.
Langkah 5 : admin input data Jadwal.
Langkah 7: admin input data tarif.
Langkah 9 :  penumpang view informasi.
Langkah 11 : penumpang

input data pemesanan tiket.
Langkah 13 :penumpang melakukan konfirmasi pemesanan tiket.

Langkah 2 : Sistem merespons login dan password.
Langkah 4 : Sistem merespons penginputan data informasi.
Langkah 6 : Sistem merespon penginputan data Jadwal.
Langkah 8 : Sistem

merespons penginputan data tarif.
Langkah 10 : Sistem merespons view informasi.
Langkah 12 :  Sistem merespon input data pemesanan tiket.
Langkah 14 : Sistem merespon pemesanan tiket.
Bidang Alternatif
Alt-Langkah 15 : Apabila ketika validasi data tidak sesuai, maka sistem akan merespon bahwa data yang di inputkan tidak sesuai.
Kesimpulan
Use-Case ini menyimpulkan bahwa pemesanan tiket dapat dilakukan dengan mudah tanpa dibatasi oleh waktu karena dapat dilakuka secara online.
Aturan Bisnis
Ketika data pemesanan tiket di inputkan maka data pelanggan yang memesan tiket dapat diketahui.
Batasan dan Spesifikasi Implementasi
Use Case ini hanya dibuat hanya pada proses login, penginputan data informasi, data jadwal, data tarif, dan penginputan data pemesanan.
Asumsi
View data pemesanan tiket.
Masalah Terbuka
1.      Proses pemesan tiket masih dilakukan dengan cara penumpang datang langsugng ke loket penjualan tiket.
2.      Terjadinya antrian saat pemesanan tiket.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar